Sabtu, 07 April 2012

Tip Bagi Rambut Berminyak

Sebagian besar permasalahan rambut yang sulit dipecahkan adalah karena rambut terasa lepek, sulit ditata, dan selalu terlihat berantakan. Kondisi rambut seperti ini memang sangat menyebalkan. Pemicunya, tentu saja kadar minyak berlebih di kulit kepala.  Banyak yang
beranggapan kalau kulit kepala berminyak terjadi karena tak keramas secara teratur. Fakta justru sebaliknya, terlalu sering keramas membuat kulit kepala kehilangan minyak alami dan dipenuhi dengan residu kimia bahkan rambut jadi rusak karena terlalu sering terkena shampo.

Mengapa demikian ? karena kandungan zat kimia pada shampo dapat membuat kulit kepala menjadi sangat kering dan menyebabkan kelenjar memproduksi minyak lebih banyak. Tak heran, setelah kulit kepala tak lagi kering, justru menjadi sangat berminyak. Jadi, jangan terlalu sering keramas dan gunakan sampo secukupnya.

Dalam memilih sampo, Anda juga harus benar-benar selektif. Gunakan shampo yang memang formulanya diperuntukkan untuk rambut berminyak. Jika Anda menggunakan conditioner, pastikan hanya diusapkan pada ujung rambut saja dan bukan kulit kepala. Jangan terlalu banyak menggunakan conditioner, karena formulanya bisa membuat rambut makin berminyak.

Hal yang tak kalah penting adalah perhatikan asupan makanan Anda setiap hari. Saat Anda banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, berminyak, dan gula tinggi, jangan heran kalau rambut lebih berminyak dari biasanya.
Itu karena tubuh akan mengeluarkan kelebihan minyak yang Anda konsumsi melalui kulit, termasuk di area kulit kepala. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, juga kurangi konsumsi makanan berlemak dan yang banyak mengandung minyak.

Sumber : Sumut Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar