Rabu, 04 April 2012

Tips Perawatan Rambut Berjilbab

Rambut yang ditutupi jilbab harus dirawat
Rambut adalah mahkota bagi wanita. Layaknya mahkota rambut harus dirawat sebaik mungkin. Bagaimana dengan wanita yang sehari-hari mengenakan jilbab atau kerudung? Mereka pun butuh perawatan rambut yang oke sehingga rambut tidak berketombe, rontok atau lepek.
Bagaimana caranya, simak tips berikut ini:
  1. Sebelum keramas, gunakan minyak cem-ceman. Anda bisa menggunakan minyak cem-ceman buatan pabrik atau buatan sendiri. Jika tidak ada minyak cem-ceman Anda dapat menggunakan tanaman Lidah Buaya yang dibelah dan dioleskan pada kulit kepala. Ramuan ini dipakai 15 menit sebelum keramas. 
  2.  Keramas secara teratur setiap 2 hari sekali. Gunakan shampo sesuai jenis rambut. Saat ini ada shampo khusus untuk rambut berkerudung, tapi sebaiknya dicoba dulu karena belum tentu sesuai dengan jenis rambut Anda. Setiap 1 tahun sekali sebaiknya ganti shampo agar rambut tidak "kebal".
  3. Setelah keramas, beri hair tonic sambil dipijit-pijit. Untuk jenis rambut kering sebaiknya ditambah dengan vitamin.
  4. Sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang.
  5. Sebelum memakai kerudung, rambut harus benar-benar kering agar tidak bau dan berketombe, karena ketombe bisa memicu kerontokan rambut. Pengeringan rambut sebaiknya dilakukan dengan cara alami (diangin-angin). Namun jika tergesa-gesa boleh juga memakai hair dryer, namun sebaiknya tidak terlalu sering. Hindari suhu terlalu panas. Setelah kering, diamkan sejenak agar suhu rambut kembali normal.
  6. Jika rambut Anda rontok, dianjurkan sebulan dua kali memakai masker rambut agar akar-akar rambut menjadi kuat. Untuk Anda yang memiliki jenis rambut kering, disarankan rajin melakukan creambath atau hairspa.
  7. Anda yang berambut panjang, biasanya selalu mengikat rambut sebelum mengenakan kerudung. Boleh saja sih mengikat rambut asal tidak terlalu kencang. Untuk mengikat rambut, sebaiknya tidak menggunakan karet gelang, melainkan ikat rambut berlapis kain. Dan sebaiknya, jangan biarkan rambut Anda diikat terus menerus. Saat dirumah atau hendak tidur, biarkan rambut Anda tergerai agar bisa bernapas.
  8. Perhatikan bahan kerudung, jilbab dan dalaman kerudung. Hindari bahan yang panas dan licin. Sebaiknya pilih yang berbahan katun karena terasa lebih sejuk dan menyerap keringat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar