Kamis, 26 April 2012

Tanaman Herbal Penumbuh Rambut

Buah Jojoba
Rambut kita terbuat dari bahan substansial yang disebut keratin. Tanaman herbal pada produk penumbuh rambut akan mensintesis protein menjadi keratin. Tanaman herbal tersebut bisa diperoleh baik dalam bentuk padat maupun cair. Produk dalam bentuk cair dapat berupa sari atau ekstraksi dari tanaman herbal. Aroma terapi adalah salah satu metode perawatan rambut dalam bentuk cair yang menggunakan ramuan herbal. Tanaman herbal yang digunakan di dalamnya antara lain: kayu cedar, anggur, jojoba, lavender, lime, dan lidah buaya.

Anggur
Tanaman herbal di atas digunakan untuk membuat minyak herbal yang kemudian diaplikasikan pada rambut, yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Minyak tersebut diaplikasikan pada rambut secara merata agar meresap ke dalam kulit kepala dengan baik. Kombinasi ramuan herbal yang lain seperti madu, aloe, dan mulberry juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut.
Beberapa produk yang ada di pasaran juga menggunakan ramuan herbal seperti misalnya Revivogen. Revivogen adalah zat bio cleansing yang ketika diaplikasikan pada kulit kepala dapat membantu menyembuhkan kulit kepala dari infeksi jamur dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Produk ini lebih sukses dibandingkan shampo biasa.
Aloe Vera / Lidah Buaya
Saw Palmetto adalah tanaman herbal yang digunakan untuk produk seperti folligen dan revivogen. Ekstrak tanaman ini dicampurkan ke dalam bentuk obat-obatan juga. Pada perawatan ala ayurvedi, tak jarang digunakan pula pil untuk menumbuhkan rambut dari dalam. Beberapa jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut akan disampaikan di bawah ini.
Aloe, Arnica, Birch, Burdock, Catmint, Chamomile, Horsetail, Licorice, Marigold, Nettles, Parsley, Rosemary, Sage, Southernwood dan Stinging nettle adalah tanaman herbal utama yang biasa digunakan untuk menumbuhkan rambut. Ramuan herbal tersebut membantu meningkatkan sirukulasi dan menjaga suplai darah di kulit kepala. Tanaman herbal seperti aloe, nettle, dan stinging nettle digunakan untuk membersihkan darah dan kulit sehingga baik untuk pertumbuhan rambut.
Tanaman Lavender
Licorice adalah tanaman herbal yang dapat membantu mencegah kerontokan dan penipisan rambut. Horse tail digunakan untuk membuat rambut kuat dan bersinar. Silica membantu menguatkan rambut dari akar. Rosemary digunakan untuk melawan ketombe yang merupakan penyebab utama kerontokan. Bubuk teh burdock dan marshmallow merupakan ramuan untuk rambut kering yang bisa dikonsumsi setiap hari.
Tanaman Ayurveda membantu menghilangkan stres dalam tubuh dan pikiran. Jatamamsi dan Brahmi adalah tanaman yang dihaluskan dalam bentuk bubuh dan dilarukatkan menjadi minuman ke dalam secangkir air panas. Meminum teh ini dua hingga tiga kali sehari dapat menghilangkan stres yang ada di kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut.
Selain itu ada juga beberapa ramuan herbal Cina yang bagus untuk pertumbuhan rambut seperti biji Psoralea, Mulberry, dan Oyster. Biji Psoralea ketika dipaparkan dalam sinar UV akan merangsang sel-sel di dalam rambut. Gunakan biji ini tiga hingga enam gram sehari untuk menumbuhkan kembali rambut Anda.
Akan tetapi dari kesemua jenis tanaman herbal tersebut di atas, ada sebagian yang tidak mudah untuk ditemukan di negeri kita yang beriklim tropis ini. Oleh karena itu, Anda bisa memilih mana saja dari tumbuhan tersebut yang mudah Anda dapatkan dan silakan bereksperimen semoga mendatangkan manfaat.

Sumber : Penumbuh Rambut Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar